Refleksi Anggota


Refleksi dari Bryan :

Sistem Sirkulasi : Dengan bab ini saya dapat mengerti tentang system aliran darah yang ada di dalam tubuh kita, jadi say dapat mengetahui komponen darah dalam tubuh saya, saya dapat mengetahui penyakit yang ada dalam tubuh saya, jadi saya dapat lebih menjaga tubuh saya ini, saya mengerti bahwa penyakit dan kelainan dalam system sirkulasi sangat ganas semerti anemia dan leukemia.

Makanan dan SIstem Pencernaan : Melalui bab ini saya dapat mengetahui apa itu fungsi makanan dalam tubuh kita, bagaimana kita harus memperlakukan tubuh kita. Selain itu kami juga dapat mengerti apa itu zat aditif dalam tubuh dan bahayanya bagi tubuh kita. Saya dapat mengetahui proses pencernaan dalam tubuh, saya dapat mengerti tentang penyakit pada manusia, dan mengetahui seberapa besar karya Tuhan dalam hidup kita.

Sistem Pernapasan : Melalui bab ini saya dapat mengetahui alat pernapasan dalam manusia, proses pernapasan dalam manusia. Selain itu saya juga dapat mengetahui volume dan kapasitas paru-paru, Saya mengetahui tentang pengaruh hal-hal eksternal dan internal yang mempengaruhi frekuensi pernapasan. Saya juga mengetahui bahaya merokok dala kehidupan kita, karena dapat mempengaruhi paru-paru dalam bernafas.

Sistem Ekskresi : Saya dapat mengetahui dan mengerti tentang bagian dan cara kerja dari ginjal, paru-paru, hati dan kulit. Saya mengerti proses pembuatan urin pada ginjal, seperti filtrasi, reabsorpsi dan augmentasi. Ternyata paru-paru juga dapat mengeksresikan sesuatu, saya baru tahu ketika membaca ba ini, dengan bab ini saya menjadi tahu rahasia dalam tubuh kita. Ternyata Tuhan membuat tubuh kita sedemikian rupa dengan sangat baik.

Sistem koordinasi : Dalam bab ini saya dapat mengerti tentang system saraf dalam tubuh, dan distem saraf manusia, karena bab ini menjelaskan dengan gambar yang menarik dan mudah untuk dimengerti. Saya dapat mengerti system indera dalam tubuh manusia seperti mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit. Saya juga dapat mengerti tentang hormone dalam tubuh saya seperti master gland yang menghasilkna banyak hormone.

Sistem Reproduksi : Dalam bab ini saya dapat mengerti tentang system reproduksi pria , saya dapat mengerti tentang proses seksual sekunder dalam pria, saya juga mengerti proses fertilisasi dalam manusia, dan juga gangguan dalam system reproduksi manusia.  Saya mengerti alat-alat reproduksi pada pria dan wanita, dan juga penyakit menular seksual yang sangat berbahaya bagi manusia.

Sistem Imun : Menurut saya bab ini sangat berguna bagi saya, karena membuat saya mengerti tentang sistem imun, sistem kekbalan tubuh yang kita punya sangat baik, sangat besar karya Allah dalam tubuh saya, selain itu juga ada sel darah putih yang menjadi pelindung bagi tubuh, selain itu vaksinasi dini juga baik bagi tubuh, karena dapat mencegah penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Refleksi dari Guntur Yohannes :

Bab 5 Sistem Sirkulasi:

Saya berpikir bahwa darah hanya berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh jaringan atau sel-sel tubuh. Kenyataannya darah manusia mempunyai banyak fungsi, salah satunya menjaga kesetimbangan asam-basa jaringan tubuh. Disini juga saya juga bisa belajar lebih mendetail tentang sistem sirkulasi darah, sehingga saya tahu darah tersusun dari apa saja dan penyakit-penyakit pada sistem sirkulasi.

Bab 6 Sistem Pencernaan:

Ini merupakan salah satu bab yang paling banyak hafalan dan sulit bagi saya. Pada bab ini, pembentukan makanan seperti karbonhidrat, protein dan lemak sangatlah sulit untuk dimengerti. Lalu pencernaan hewan seperti sapi juga rumit sekali karena berbeda dengan manusia. Melalui bab ini saya boleh belajar bahwa pencernaan tidak sederhana saya kira, kenyataannya banyak mekanisme-mekanisme yang terjadi dalam sistem pencernaan manusia.

Bab 7 Sistem Pernapasan:

Pernapasan merupakan bab yang paling sedikit materinya, bukan sedikit materi yang menjadikan saya senang. Saya mendapatkan pelajaran tentang pernapasan seperti volum udara yang bisa masuk ke dalam paru-paru dan juga perbedaan antara mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut. Lalu pernapasan itu sangat penting karena dibutuhkan oksigen agar terjadinya respirasi sel yang berguna untuk metabolisme.

Bab 8 Sistem Eksresi:

Dahulu saya kira urin yang terlalu kuning yang bersifat pekat dan jumlahnya yang sedikit merupakan hormon ADH. Melalui bab ini saya boleh tahu bahwa ADH sebenarnya berguna untuk premeabilitas sel terhadap air tubulus kontortus distal saat reabsropsi, jika minum air dalam jumlah yang sedikit mengakibatkan urin menjadi lebih pekat dan sedikit. Sehingga pengetahuan saya bertambah oleh karena bab sistem sekresi ini.

Bab 9 Sistem Koordinasi

Bab ini merupakan materi yang pelajarannya begitu kompleks, banyak hafalan dan sulit untuk dimengerti. Melalui bab ini saya sadar bahwa manusia diciptakan oleh Allah sangat begitu ajaib dengan banyak saraf-saraf yang sangat banyak jumlahnya, sehingga kita bisa mengetahui bahwa Allah sangat pintar dalam menciptakan sesuatu. Melalui bab ini membuat saya mau belajar lebih lagi untuk semakin berpengetahuan dan mengenal Allah melalui ciptaan-Nya.

Bab 10 Sistem Reprdoduksi

Setiap mahluk hidup pasti bererproduksi untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah.,sehingga kita harus mempelajari reproduksi. Dalam bab ini saya dapat mengetahui bahwa menjadi perempuan sedikit tidak mengenakan karena mereka akan mengalami mensturasi yang membuat mereka sedikit tidak nyaman. Lalu dalam bab ini juga memberikan saran-saran dalam menjaga kesehatan alat reproduksi tetap sehat, sekarang saya menerapkan saran-saran untuk menjaga alat reproduksi agar selalu terjaga.

Bab 11 Sistem Imun

Sejujurnya bab ini tidak terlalu memahaminya karena saya belum mempelajarinya dengan tuntas. Namun disini saya juga dapat mengetahui bahwa sistem imun sangat dibutuhkan oleh setiap orang khususnya pada saat bayi, karena bayi rentan untuk terkena berbagai penyakit. Sehingga bayi-bayi harus diberikan vaksin agar tetap sehat. Di sisi lain, bayangkan jika tidak ada sistem imun didalam tubuh kita, pasti kita akan cepat mengalami sakit dan menuju kematian dengan cepat. Maka Allah membuat sistem imun agar membantu kelangsungan hidup manusia.

Refleksi dari Vicky Lysandra :

Refleksi bab 6

Vicky:  Bab makanan dan sistem pencernaan mengajarkan saya tentang fungsi makanan bagi tubuh, pembagian zat-zat makanan bagi tubuh dan peranannya untuk tubuh kita, sehingga kita bisa lebih teliti lagi dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang baik bagi tubuh. Selain itu bab ini juga menjelaskan organ-organ penyusun sistem pencernaan dan proses dari pencernaan makanan tersebut.

Refleksi bab7

Vicky:  Bab tentang sistem pernapasan ini mengajarkan saya hal-hal baru yang sebelumnya saya tidak ketahui secara mendalam atau lebih mendetail, diantaranya adalah: fungsi alat-alat pernapasan manusia, dan proses pernapasan manusia. Selain itu memberikan pelajaran baru tentang volume dan kapasitas paru-paru sehingga saya mengerti dengan baik berapa banyak udara/ kapasitas yang bisa saya hirup.

Refleksi bab 8

Vicky: Bab tentang sitem sirkulasi ini menjelaskan banyak hal yang lebih mendetail, sehingga saya dapat mengerti dengan baik  dan mendetail tentang alat-alat ekskresi yang manusia miliki, dan mengerti proses eksresi itu sendiri . Selain itu mengerti tentang penyakit-penyakit yang dapat diakibatkan pula oleh alat-alat ekskresi, sehingga bisa lebih mencegah hal tersebut.

Refleksi bab 10

Vicky:  bab tentang reproduksi ini menjelaskan tetang sistem-sistem yang kesannya lebih khusus dan detail, yaitu tentang sistem reproduksi pria dan wanita. Menjelaskan tentang fase-fase yang wanita alami sewaktu menstruasi dan proses perubahan lainnya yang terjadi sewaktu usia seseorang mencapai usia remaja pada wanita maupun pria, dan gangguan-gangguan yang dapat timbul dalam sistem reproduksi manusia ini.

Reflesi bab 11

Vicky:  bab tentang sistem imun memang tidak mengajarkan banyak hal namun hal-hal tersebut sangat penting untuk kita ketahui, hal-hal tersebutlah yang mengajarkan saya tentang sistem imun, diantaranya  adalah fungsi sistem imun itu sendiri, dan apa manfaatnya, kemudian perbedaan respon imun non-spesifik dan respon imun spesifik dan pencegahannya terhadap penyakit. Hal-hal yang bab ini ajarkan umumnya harus diketahui oleh wanita kelak nanti, namun tidak berarti pria tidak usah mempelajarinya.

Refleksi dari Evan Albert: 

Sistem Sirkulasi : Dengan bab ini saya dapat mengerti tentang system aliran darah yang ada di dalam tubuh kita dan saya dapat lebih menjaga tubuh saya ini, saya mengerti bahwa penyakit dan kelainan dalam system sirkulasi sangat ganas seperti leukemia

Makanan dan SIstem Pencernaan : Melalui bab ini saya dapat mengetahui apa itu fungsi makanan dalam tubuh kita. Selain itu kami juga dapat mengerti apa itu zat aditif dalam tubuh dan bahayanya bagi tubuh kita

Sistem Pernapasan : Melalui bab ini saya dapat mengetahui alat pernapasan dalam manusia, proses pernapasan dalam manusia Saya juga mengetahui bahaya merokok dala kehidupan kita, karena dapat mempengaruhi paru-paru dalam bernafas.

Sistem Ekskresi : Saya dapat mengetahui dan mengerti tentang bagian dan cara kerja dari ginjal, paru-paru, hati dan kulit. Saya mengerti proses pembuatan urin pada ginjal, seperti filtrasi, reabsorpsi dan augmentasi.

Sistem koordinasi : Dalam bab ini saya dapat mengerti tentang system saraf dalam tubuh, dan distem saraf manusia. Saya dapat mengerti system indera dalam tubuh manusia seperti mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit. Saya juga dapat mengerti tentang hormone.

Sistem Reproduksi : Dalam bab ini saya dapat mengerti tentang system reproduksi manusia, saya juga mengerti proses fertilisasi dalam manusia, dan juga gangguan dalam system reproduksi manusia.

Sistem Imun : Dalam bab ini saya dapat mengerti tentang sistem imun, selain itu juga ada sel darah putih yang menjadi pelindung bagi tubuh.

Refleksi dari Steven Chandra

Sistem sirkulasi

Jadi melalui bab ini saya dapat mempelajari sistem peredaran darah yang ada di dalam tubuh kita. Jadi saya dapat mengetahui dari mana darah diedarkan dan kemana darah akan diedarkan secara sistematis dan teratur sehingga tubuh kita dapat bekerja dengan baik dengan peredaran darah yang merata ini dan saya juga dapat mengetahui bagaimana peredaran darah yang ada di hewan

Sistem pencernaan

Melalui bab ini saya dapat mempelajari bahwa sistem pencernaan yang ada ditubuh kita ini saling melengkapi karena tanpa salah satu dari mereka maka sistem pencernaan pada tubuh kita ini akan menjadi tidak stabil dan tidak teratur. Sistem pencernaan pada tubuh kita ini juga berfungsi untuk mengubah makanan menjadi zat-zat yang berguna bagi tubuh kita.

Sistem pernapasan

Dari bab ini saya mempelajari bahwa sistem pernapasan di dalam tubuh kita ini melalui berbagai tahap. Jika dipahami dengan teori dan kita pelajari seakan-akan dalam frekuensi 1 kali bernapas itu terasa lama padahal di dalam tubuh kita gerakan tersebut terjadi secara cepat dan teratur sehingga tubuh kita tetap mendapat oksigen dengan bernapas.

Sistem eksresi

Jadi saya dapat mempelajari bahwa sistem ekskresi dibagi menjadi 4 yaitu kulit, ginjal, hati, dan paru-paru. Keempat sistem ekskresi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda akan tetapi tujuan mereka adalah 1 yaitu untuk mengeluarkan zat sisa yang tidak berguna bagi tubuh kita sehingga tubuh kita tetap terjaga dan kita bisa sehat.

Sistem koordinasi

Dari bab ini saya dapat mempelajari bahwa rangsangan yang kita dapat dari luar akan cepat diterima oleh kita dan tersalur hingga ke otak kita sehingga akan memunculkan respon terhadap rangsangan yang kita terima dan saya juga mempelajari berbagai hormon yang membantu di dalam tubuh kita contohnya GH untuk perkembangan tubuh kita.

Sistem reproduksi

Dari bab ini saya dapat mempelajari apa itu sistem reproduksi pada pria maupun wanita karena masing-masing dari sistem reproduksi ini memiliki ciri khas masing-masing dan berbeda. Saya juga dapat mengerti bagaimana cara merawat alat reproduksi kita. Kita harus menjaga alat reproduksi kita agar tidak terkena penyakit yang dapat berbuah kematian misalnya HIV / AIDS

Sistem imun

Melalui bab ini saya dapat mempelajari bahwa di dalam tubuh kita ini terdapat sistem imun yang melindungi tubuh kita dari zat-zat atau mikroorganisme luar yang berbahaya bagi tubuh kita sehingga tubuh kita menjadi sehat dan tidak gampang terkena penyakit dengan adanya sistem imun ini. Dan kita juga dapat melakukan pengobatan penyakit dengan antibiotik, vaksinasi.

Refleksi dari Steve Emmanuel:

Sistem Pencernaan : Pada bab ini, saya belajar bahwa makanan sangat berpengaruh pada tubuh kita. Makanan yang sehat akan membuat tubuh menjadi sehat, tetapi makanan yang kurang sehat akan menimbulkan masalah. Usus adalah organ yang luar biasa, usus dapat menyerap sari-sari makanan dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Usus adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh.

Sistem Pernapasan : Melalui bab ini saya dapat mengetahui alat pernapasan dalam manusia, dan proses pernapasan dalam manusia. Manusia dapat hidup karena manusia bernapas. Tanpa bernapas, manusia tidak akan hidup. Napas akan mengambil O2, dan membuang gas sisa keluar tubuh. Suatu mekanisme yang sangat penting.

Sistem Ekskresi : Saya belajar bahwa tubuh juga pasti akan mengeluarkan sisa metabolisme. Tetapi apakah sisa metabolisme tersebut akan disempan, atau dibuang? Pastinya akan dibuang, namun bagaimana caranya? Dapat bermacam-macam. Dapat melalui kulit, atau yang lainnya. Sistem ekskresi ada untuk mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak berguna agar tubuh tidak menyimpan “sampah” didalam tubuh.

Sistem koordinasi : Sistem koordinasi adalah suatu sistem yang menurut saya paling canggih. Manusia belum dapat menciptakan otak, atau bahkan donor otak. Otak adalah komponen yang rumit. Sedikit saja kerusakan, maka akan mempengaruhi kehidupan seseorang. Bayangkan apabila otak lupa memerintahkan kita untuk bernapas. Sepenting itulah otak bagi manusia.

Sistem Reproduksi : Dalam bab ini saya dapat mengerti tentang sistem reproduksi pria, dan wanita. Saya dapat belajar bahwa Tuhan memberikan organ reproduksi pada manusia bukan untuk digunakan semau kita, tetapi untuk mendapatkan keturunan. Juga terdapat berbagai penyakit kelamin menular yang cukup berbahaya.

Sistem Imun : Dari bab ini, saya belajar bahwa manusia dapat bertahan dari segala macam penyakit karena adanya sistem imun. Apabila tidak ada imun, kita akan selalu sakit dan menjadi rentan akan segala jenis bibit penyakit.

 Refleksi dari Jesslyn Natasha:

Refleksi Bab 5 (Sirkulasi)

Setelah mempelajari bab ini, saya menjadi mengerti bahwa meskipun tubuh kita tampaknya sedang berdiam dari luar, tapi sel-sel darah dalam tubuh tetap melakukan aktivitasnya masing-masing (bergerak melakukan sirkulasi). Terutama jantung yang selalu bekerja dengan  memompa darah meski sekalipun kita sedang tidur. Selain itu, saya juga akhirnya menyadari betapa besar kuasa Tuhan Allah, dengan menciptakan sel-sel darah dalam tubuh kita yang sangat kecil, ternyata juga memainkan peran penting. Apalagi kita sebagai manusia yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah sendiri, tentu saja pasti sangat berharga di mata Tuhan.

Refleksi Bab 6 (Pencernaan)

Melalui bab ini, saya belajar tentang bagaimana proses pencernaan makanan yang saya makan dalam tubuh saya. Selain itu, saya juga menyadari pentingnya nutrisi yang terkandung dalam makanan yang saya makan sehari-hari. Selama ini, yang saya tahu hanyalah “makan, lalu buang air besar”. Memang, saya tahu bahwa kita harus makan makanan yang bergizi. Hanya saja, dulu saya belum tahu bagaimana peran nutrisi tersebut selama proses pencernaan. Sekarang, saya menjadi paham akan hal tersebut dan menjadi termotivasi untuk lebih makan makanan yang bergizi.

Refleksi Bab 7 (Pernafasan)

Awalnya, saya berpikir bahwa proses pernafasan memang terlihat sepele sekali. Ternyata, masuknya udara dari hidung sampai ke paru-paru membutuhkan proses melalui berbagai organ tubuh. Selain itu, sebelumnya saya juga berpikir bahwa manusia bernafas hanya untuk bertahan hidup. Dan ternyata, bernafas juga berperan dalam proses metabolisme tubuh. Jadi, segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh kita, maupun yang terlihat sepele ternyata memainkan peran tertentu.

Refleksi Bab 8 (Ekskresi)

Bab ini menjelaskan kepada saya tentang pengeluaran zat-zat sisa dalam tubuh manusia. Ternyata, bukan hanya ginjal yang melakukan pengeluaran zat sisa tubuh kita. Kulit dan paru-paru juga melakukan ekskresi. Saya juga belajar tentang proses penyaringan zat sisa dalam ginjal. Apabila ginjal mengalami gangguan pada salah satu fungsinya saja, proses eksresi dalam tubuh manusia akan terganggu. Selain itu, walaupun manusia memiliki 2 buah ginjal, tetap saja kita jangan sampai memiliki kerusakan pada salah satunya, karena akan mengganggu sistem ekskresi.

Refleksi Bab 9 (Koordinasi)

Melalui bab ini, saya belajar peran penting otak dan saraf dalam tubuh kita. Selama ini, ternyata banyak aktivitas-aktivitas sederhana yang dilakukan manusia (seperti melihat, mendengar, meraba, mencium, dan lain-lain) yang memerlukan proses panjang dalam tubuh kita. Misalnya, kita meraba sebuah benda. Kelihatannya, hal tersebut biasa saja dan terjadi begitu cepat sehingga kita dapat merasakan tekstur dari benda tersebut. Padahal, sudah terjadi proses pengiriman yang dilakukan oleh sistem saraf, serta proses pencernaan sinyal tersebut oleh otak. Hal tersebut terjadi sangat kilat, sehingga kita tidak dapat menyadarinya. Semua manusia tentu dapat melakukan proses tersebut dengan sangat cepat. Jadi, tidak ada manusia yang tidak pintar bukan?

Refleksi Bab 10 (Reproduksi)

Sungguh, Tuhan Maha Kuasa. Ia menciptakan mahkluk hidup dengan sangat indah, salah satunya dengan kemampuan untuk berkembang biak guna melestarikan jenisnya. Bab ini menjelaskan sistem reproduksi serta organ-organnya. Setelah mempelajari bab ini, saya menjadi mengerti tentang hal tersebut. Selain itu, saya juga menyadari bahwa sudah selayaknya kita berterima kasih kepada Tuhan atas ciptaan-Nya ini dengan menjaga kesehatan sistem reproduksi kita, serta hanya melakukan “hak” ini dengan pasangan hidup kita, sesuai dengan kehendak Tuhan.

Refleksi Bab 11 (Imunitas)

Saya belajar tentang sistem kekebalan tubuh yang dimiliki setiap manusia dalam bab ini. Ternyata, ada begitu banyak macam penyakit dan kuman di sekitar kita. Namun, mengapa kita hanya terserang penyakit sesekali saja? Hal tersebut karena tubuh kita memiliki begitu banyak dan rumit sistem imunitas, dengan peran-peran yang berbeda satu sama lain. Mereka bersama-sama melindungi tubuh dari serangan penyakit. Tanpa sistem imunitas, tubuh akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, kita juga harus menjaga kesehatan sistem imunitas dalam tubuh sehingga mereka makin kuat dalam memelihara tubuh kita.

 Refleksi dari Noah Revevalin:

Sistem gerak: Manusia bergerak menggunakan tulang dan otot. Tulang adalah dasar dari pembentuk tubuh manusia. Tulang juga yang menyangga bentuk sehingga manusia dapat berdiri, dan melindungi semua organ internal yang berada dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, otak, dan lainnya. Otot bekerja dengan gerak kontraksi (memendek) dan relaksasi (memanjang). Otot memberikan kekuatan bagi seseorang untuk mengangkat beban. Kerusakan yang berada pada sistem gerak antara lain fraktura dan epilepsi (yang juga adalah penyakit sistem saraf). Beberapa hewan memiliki sistem gerak yang serupa dengan manusia yakni dengan tulang dan otot, dan beberapa tidak menggunakan tulang seperti invertebrata.

Sistem pencernaan: Manusia dan makhluk lainnya perlu makanan. Manusia adalah omnivora yang dapat memakan tumbuhan dan hewan. Zat yang penting bagi pencernaan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Sistem pencernaan manusia berasal dari mulut yang melumatkan makanan, ditelan ke kerongkongan, dicerna secara kimiawi di lambung dan usus, dan akhirnya dibuang di anus. Zat kimia yang diperlukan untuk mengurai zat makanan disebut enzim. Hati dan pankreas juga berfungsi dalam pencernaan walau tidak langsung. Gangguan pada pencernaan antara lain gastritis dan diare. Beberapa hewan memiliki sistem pencernaan yang serupa, seperti hewan ruminansia yang memiliki 4 lambung. Invertebrata dan burung menggunakan kloaka.

Sistem sirkulasi: Sistem sirkulasi atau sistem peredaran darah adalah media pengantar energi dan hasil respirasi dalam makhluk hidup. Sistem sirkulasi menggunakan darah, yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan karbondioksida, mengantar zat makanan dan hormon, dan juga sebagai sistem imun. Darah mengandung sel darah putih, sel darah merah, keping darah, dan plasma. Sistem peredaran manusia adalah tertutup dan melalui pembuluh darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan ke paru-paru. Golongan darah yang ada berupa A, B, AB, dan O. Penyakit pada sistem darah manusia contohnya leukemia dan stroke. Sistem sirkulasi pada vertebrata juga melibatkan darah, pembuluh darah, dan jantung. Sedangkan makhluk invertebrata banyak menggunakan sistem peredaran darah terbuka.

Sistem respirasi: Respirasi adalah cara makhluk hidup memperoleh energi dari luar, terutama oksigen, dan membuang sisa pengunaan energi ke luar yaitu karbondioksida. Manusia menggunakan paru-paru untuk bernafas, yaitu menghirup oksigen dan karbondioksida. Selain itu ada faring (tenggorokan), bronkus, bronkiolus, dan aveolus. Gerakan inspirasi saat paru-paru mengembang untuk memasukkan udara dari luar dan diafragma turun. Gerakan respirasi saat paru-paru mengempis dan membuang udara dan diafragma naik. Gangguan pada sistem pernafasan adalah asma dan bronkitis. Hewan yang hidup di darat juga menggunakan paru-paru untuk bernafas. Sedangkan ikan yang berenang di air menggunakan insang. Amphibi yang dapat hidup di udara dan air menggunakan kulitnya untuk respirasi.

Sistem saraf dan indera: Saraf dan otak digunakan untuk koordinasi dan penggerak tubuh manusia. Saraf yang terdiri dari neuron berfungsi sebagai penghantar rangsangan yang diterima dan diberi.  Jenis gerakan pada manusia adalah gerakan sadar yang diatur otak, dan gerakan refleks yang menggunakan sumsum tulang belakang. Otak manusia menyimpan ingatan, memberikan kemampuan bergerak, memberikan kecerdasan dalam berbagai hal, dan pengatur emosi manusia. Otak manusia ada otak besar, kecil, dan tengah. Saraf pada tulang punggung juga berfungsi untuk mengatur organ-organ dalam tubuh dan gerakan refleks. Sistem saraf pada hewan vertebrata serupa dengan manusia, sedangkan cacing menggunakan sistem saraf tangga tali. Manusia memiliki 5 indera, yang digunakan untuk menangkap rangsangan berupa sentuhan, suara, cahaya, rasa, dan bau. 5 indera itu adalah kulit, telinga, mata, lidah, dan hidung. Penyakit pada sistem saraf/ otak antara lain alzheimer. Penyakit pada indera adalah miopi, hipermetropi, tuli. Hormon juga berperan dalam sistem koordinasi dan pertumbuhan. Kelenjar hormon pada manusia seperti pada gondok, ginjal, dan otak. Hormon berfungsi untuk mengatur intensitas kerja tubuh seperti adrenalin, insulin, ADH, FSH. Hormon yang berperan dalam reproduksi antara lain esterogen dan testosteron.

Sistem ekskresi: Sistem ekskresi adalah sistem yang digunakan untuk membuang zat sisa hasil metabolisme. Sistem ekskresi manusia menggunakan ginjal. Ginjal terdiri dari medula dan nefron yang berfungsi untuk menyaring cairan tubuh. Hasil saringan tersebut adalah urin. Ada 3 tahap dalam ekskresi yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi. Gangguan pada ginjal manusia adalah batu ginjal yang diakibatkan oleh pembuangan urin yang tidak teratur. Selain ginjal manusia juga menggunakan kulit dan hati untuk ekskresi. Kulit mengleluarkan keringat yang juga berfungsi untuk mendinginkan tubuh yang terlalu panas.

Sistem reproduksi: Sistem reproduksi adalah sistem manusia untuk berkembang biak dan mempertahankan keturunan. Reproduksi melibatkan dua jenis makhluk hidup yaitu jantan dan betina. Laki-laki adalah suplai sel yang digunakan untuk membuahi yaitu sperma. Sperma diproduksi di testis dan dikeluarkan melalui penis. Hormon testosteron merangsang laki-laki untuk menghasilkan sperma. Wanita memiliki ovum yaitu sel telur yang digunakan untuk membuat bayi baru setelah dibuahi sperma. Ovarium dihasilkan di oviduk. Setelah sperma membuahi ovum, sel ovum akan berkembang menjadi zigot hingga embrio dan memberikan bayi manusia yang baru. Penyakit pada sistem reproduksi seperti gonorea pada pria dan kanker vagina pada wanita. Sistem reproduksi vertebrata juga melibatkan sel sperma jantan dan sel ovum betina, dan ada hewan yang bertelur (ovipar) dan beranak (vivipar). Beberapa invertebrata memiliki kemampuan untuk membelah diri tanpa menggunakan alat kelamin.

Sistem imun: Imunitas adalah sistem yang melindungi manusia dari bibit penyakit  seperti virus atau bakteri yang berpotensi untuk merusak kinerja tubuh manusia. Sistem imun melibatkan beberapa hal yaitu antibodi dan sel darah putih. Pertahanan tubuh manusia ada yang alami, melibatkan fisik seperti air mata, zat kimia seperti enzim lisozim, dan biologis yang melibatkan bakteri baik. Lalu ada pertahanan tubuh oleh sel darah putih yang akan menelan langsung patogen yang masuk. Respon imunitas pada manusia ada yang spesifik (menargetkan penyebab kerusakan jaringan dan berupaya untuk mencegah sistem imun merusak tubuh sendiri), dan non spesifik (hanya berfokus pada jaringan yang rusak). Respon imun non spesifik seperti inflamasi dan fagositosis. Respon imun spesifik dimediasi oleh sel darah putih dan antibodi. Cara lain untuk meningkatkan sistem imun manusia adalah vaksinasi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s